KID DIY TEKEN MoU DENGAN 16 LEMBAGA DI DIY

image

Rabu, 1 Mei 2024, 11:14 WIB


Komisi Informasi Daerah (KID) Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar acara peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) 2024 di Aula Kresna Dinas Komunikasi dan Informatika DIY, Selasa, 30 April 2024. Peringatan HAKIN diadakan setiap tanggal 30 April bertepatan dengan tanggal pengesahan UU nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Acara dihadiri oleh sejumlah lembaga mitra KID DIY yang bersepakat melakukan kerjasama dan disahkan melalui penandatanganan nota kesepahaman dalam acara bertema SENGKUYUNG BARENG: Keterbukaan Informasi Publik di DIY. Sebanyak 16 lembaga yang terdiri dari perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat, organisasi media dan organisasi pemerintah daerah menandatangani nota kesepahaman tersebut.

Dalam sambutannya, Ketua KID DIY, Erniati menyampaikan apresiasi kepada seluruh lembaga mitra. "Ini membuktikan bahwa banyak pihak yang berkomitmen untuk mendukung keterbukaan informasi publik di DIY", ujarnya.

Peluncuran Nama dan Aksara Jawa KID DIY

Dalam kesempatan tersebut, KID DIY juga memperkenalkan nama lembaganya dalam aksara dan Bahasa Jawa. Panitipraya Pariwara adalah nama resmi yang diberikan oleh Dinas Kebudayaan DIY untuk KID DIY. "Kami berharap penyebutan 'Panitipraya Pariwara'ini benar-benar bisa membawa makna dan nilai filosofi yang melingkupi seluruh ketugasan dari KID DIY," demikian dipaparkan Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Dian Lakshmi Pratiwi, S.S.,M.A.

Peluncuran Film Pendek 'Kisruh Calon Dukuh'

Sebagai bagian dari upaya memberikan edukasi mengenai keterbukaan informasi publik kepada masyarakat, KID DIY dalam kesempatan itu juga meluncurkan film pendek berjudul 'Kisruh Calon Dukuh'. Film ini menceritakan masalah pengisian jabatan dukuh di sebuah kalurahan yang oleh sebagian warga dianggap tidak transparan dan diduga terjadi kecurangan. Warga berupaya meminta informasi nilai seleksi dukuh kepada pihak kalurahan. Namun karena informasi tersebut tidak diberikan, warga mengajukan permohonan penyelesaian sengketa informasi ke KID DIY.

Film pendek ini ini ditayangkan di kanal Youtube KID DIY. Untuk meramaikan peluncuran film itu, diadakan kuis dan disediakan hadiah bagi 4 orang pemenang. Informasi mengenai kuis ini dapat disimak melalui akun-akun media sosial KID DIY dan Diskominfo DIY.

Daftar Lembaga yang menandatangai MoU dengan KID DIY:

1. Universitas Gadjah Mada

2. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

3. Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY)

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

5. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

6. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

7. Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa

8. Universitas Islam Indonesia

9. Universitas Aisyiyah Yogyakarta

10. Mitra Wacana

11. SIGAB Indonesia

12. Perkumpulan IDEA

13. COMBINE Resource Institution

14. Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta

15. Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY

16. Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional (PRSSNI)


#wargajogjaberhaktau

logo

Komplek Dinas Komunikasi dan Informatika DIY Lantai II - Jln. Brigjen Katamso Komplek THR, Mergangsan, Yogyakarta 55152


STATISTIK PENGUNJUNG


Hari ini: 76
Total: 83022
Pengunjung Online: 3